14 Januari 2010

Avatar

Kabarnya James Cameron sudah menemukan ide cerita film ini sejak 15 tahun yg lalu. Tapi dia menunggu selama itu karena teknologi blm mendukung saat itu.

Avatar adalah contoh sebuah film dimana konsep cerita menjadi kekuatan utama. Pamer Teknologi bukanlah tujuan utama sebuah film dibuat, namun hanya diletakkan dalam porsinya yg proporsional untuk mendukung cerita. Dalam hal ini teknologi hanya sebagai alat untuk mewujudkan sesuatu yg lebih besar.

Contohnya, Cameron ingin menguatkan cerita dengan menghadirkan Planet Pandora yg sangat indah. Teknologi datang untuk itu.

Btw, jalan cerita Avatar hampir mirip dengan The Last Samurai. Meski film kedua tidak dibuat dalam kerangka teknologi yg canggih, karena ceritanya kuat, ia tetap menjadi karya yang layak ditonton di bioskop dan disewa dvdnya untuk dicopy ke harddisk, hehehe. Begitu halnya Avatar.

Yah, teknologi, selayaknya uang, adalah alat untuk mencapai tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Jadi, menetapkan tujuan keuangan itu penting sebelum kita mencari uang (loh???).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar